Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi

Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi
Apakah anda memelihara cucak hijau di rumah? Entah koleksi tunggal atau untuk peternakan. Cucak hijau adalah burung kicau yang sebenarnya mudah dalam perawatannya, namun juga bisa terkena beberapa gejala atau gangguan seperti stress, drop/down, overbirahi, dan masih banyak lagi.

Nah, cucak hijau yang sedang bermasalah (baca : tidak sehat) pasti akan mengalami penurunan kualitas, baik dalam berkicau, makan, atau dalam hal kesehatannya. Untuk itu sangat diperlukan ketelitian dari anda dalam merawat cucak hijau yang sedang "tidak normal" tersebut. Berawal dari pengalaman pribadi dan banyaknya para pemelihara cucak hijau yang mengalami masalah tersebut, maka di sini kami akan sedikit berbagi tips mengenai cara menangani cucak hijau yang drop dan overbirahi. 
Yang Pertama saya mulai dari cara menangani cucak hijau yang drop. Drop atau jatuh (mental) merupakan salah satu gangguan cukup serius bagi cucak hijau dan harus segera ditangani dengan tepat. Berikut ini beberapa cara menangani cucak hijau yang sedang drop : 
1. Pemandian 
Cucak hijau yang sedang drop/jatuh mentalnya sebaiknya anda mandikan lebih sering. Artinya, jika biasanya dimandikan hanya sekali dalam sehari, maka saat kondisi drop tersebut anda bisa memandikannya menjadi dua kali sehari di pagi dan sore hari. 

2. Penjemuran
Untuk penjemurannya, anda bisa meningkatkan durasi jemur cucak hijau. Jika biasanya hanya 1-2 jam saja, maka dapat anda menaikkan durasinya menjadi 2-3 jam. 

3. Pemberian EF
Pemberian pakan dalam hal ini adalah extra food (EF) merupakan hal wajib yang harus anda lakukan setiap hari, terlebih jika cucak hijau sedang down/drop. Untuk EF jangkrik, anda bisa memberikan 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor lagi di sore hari. Pemberian kroto juga diperlukan, dan anda bisa memberi kroto pada cucak ijo kesayangan anda yang sedang drop sebanyak 3 kali seminggu.

4. Gantangan
Untuk cucak hijau yang sedang drop, disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah karena kalah dengan cucak hijau lain. Untuk itu sebaiknya anda mengarantina/mengisolasi cucak hijau yang sedang drop untuk tidak melihat atau mendengar suara cucak hijau lain. Biarkan ia sendiri dulu sampai mentalnya kembali naik.

Yang Kedua adalah cara menangani cucak ijo yang sedang overbirahi. Overbirahi maksudnya adalah nafsu yang berlebihan, dan bisa jadi karena pemberian extra food yang berlebihan. Untuk mengatasi overbirahi kami menyarankan beberapa hal berikut :
  1. Pemberian EF khususnya jangkrik agar dikurangi saja karena jangkrik yang terlalu banyak dapat meningkatkan birahi. Anda bisa memberikan jangkrik cukup 1 ekor saja di pagi hari, dan 1 ekor lagi di sore hari. 
  2. Ulat bambu juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi cucak hijau yang sedang overbirahi. Berikan ulat bambu sebanyak 2 ekor saja setiap hari selama 3 hari beruntun. 
  3. Untuk pemandian, anda bisa memandikan cucak hijau yang sedang birahi sebanyak 2 kali sehari saja. 
  4. Penjemuran setelah mandi dikurangi saja. Jika biasanya menjemur selama 1-2 jam maka saat overbirahi durasi penjemuran dikurangi 30 menit, jadi penjemuran hanya berkisar antara 1-1,5 jam saja. 

Kondisi cucak hijau yang drop yang berlangsung lama akan membuat cucak hijau anda hilang mental, baik saat lomba, latber atau trek. Untuk itu perlu penanganan serius dari anda agar segera pulih kembali. Begitu juga saat CH/Ci sedang overbirahi, maka anda harus segera mengambil tindakan untuk mengendalikan birahinya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
semoga sukses.!!!  

Share this article :
 

Posting Komentar