Tips Diet Untuk Kenari Gemuk

Tips Diet Untuk Kenari Gemuk


Dalam memelihara hewan tentunya anda Sangat menginginkan hewan yang anda pelihara tersebut selalu dalam kondisi yang sehat walafiat, lincah dan gemuk. Pastinya yang ada dalam benak anda adalah dengan memberikan pakan yang bergizi dan sedikit lebih banyak dari porsinya akan membuat hewan tersebut menjadi gemuk, sehat dan lincah.
Mungkin pada Beberapa hewan peliharaan hal tersebut diatas memang benar dan dapat diterapkan, akan tetapi dalam memelihara burung kenari hal tersebut akan menjadi bencana jika anda tidak mengetahui pakan mana yang dapat anda berikan dengan porsi berlebih dan pakan mana yang harus dibatasi.
Bencana yang saya maksudkan disini adalah bukan menyebakan siburung kenari anda sakit atau mati, akan tetapi yang saya maksudkan disini adalah jika kenari anda posturnya kegemukan akan menjadikan kenari  tersebut malas untuk berbunyi dan yang paling parah adalah tidak akan berbunyi selamanya (Permanen) jika kegemukan tersebut tidak segera ditanggulangi.
banyak para pemula yang membeli burung kenari dalam kondisi yang sangat gacor bunyinya akan tetapi setelah dipelihara beberapa minggu atau beberapa bulan kenari tersebut menjadi tidak berbunyi lagi, maka sipemilik menjadi bingung melihat kenari peliharaannya tidak mau bunyi sedangkan apabila diperhatikan kondisi fisik siburung sangat sehat, gemuk dan tidak ada tanda-tanda bahwa kenari tersebut terkena penyakit.
Beberapa Penyebab Kenari menjadi kegemukan:
Biasanya ada 2 kondisi yang paling berpotensial menyebabkan kenari menjadi gemuk :
  1. Selesai Mabung : Pada saat Mabung kenari malas melakukan aktifitas jadi hanya makan dan tidur. tentunya untuk mencegah agar kenari anda tidak menjadi gemuk berikanlah makanan dengan porsi yang tidak berlebihan khususnya makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak dengan tetap memberikan makanan yang bergizi untuk proses mabungnya.
  2. Pasca Ternak : Pada saat proses perjodohan dan perkawinan biasanya burung kenari diberikan pakan yang mengandung protein seperti telur puyuh, telur ayam dan kroto dengan porsi yang berlebih atau lebih banyak dari kesehariannya hal ini dapat berpotensial menyebabkan kegemukan. berikan pakan yang mengandung protein dengan porsi secukupnya jangan terlalu berlebih dan apabila anda ingin memberikan porsi berlebihan maka anda harus melakukan program diet seusai ternak.
Pakan yang menyebab kenari menjadi gemuk adalah:
  • Pemberian Pakan biji-bijian kenari seed terlalu berlebihan.
  • Pemberian Pakan Telur ( Telur puyuh, Telur Ayam, Kroto, Cede ) Terlalu berlebihan.
Mengatasi Kenari yang kegemukan / Menerapkan Diet pada kenari  dengan cara :
  1. Membatasi Pemberian pakan Biji-bijian Kenari seed : Walaupun biji-bijian adalah merupakan pakan utama bagi burung kenari akan tetapi pakan ini sangat berpotensial menyebabkan kenari menjadi gemuk karena mengandung karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Cukup berikan 1/2 sendok teh atau kurang dari 1/2 sendok teh sehari.
  2. Hentikan sementara pemberian Telur, baik telur puyuh, telur ayam, dan kroto serta cede karena pakan ini salah satu pakan yang berpotensial menjadikan gemuk pada kenari dengan kandungan lemaknya, sampai postur tubuhnya ideal baru dapat diberikan kembali
  3. Perbanyak Pemberian Buah Ketimun Setiap hari selama 1 Minggu atau sampai menurut anda postur tubuh si kenari sudah Ideal kembali.
  4. Berikan Sayuran dan Buah-buahan secara bergantian setiap hari diberikan bersamaan dengan buah ketimun.
  5. Perbanyak Mandi dan penjemuran pada kenari : dengan lebih sering melakukan mandi dan jemur pada kenari akan mempercepat proses pelumeran lemak pada tubuh kenari dan akan menyebabkan kenari lebih sering minum daripada makan. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah bukan memforsir kenari dengan waktu yang lama pada penjemurannya akan tetapi lebih sering dilakukan proses penjemuran baik pada waktu pagi, siang dan sore hari dengan waktu penjemuran disesuaikan dengan panasnya sinar matahari misalnya : pagi 1 s/d 2 Jam, siang 1/2 jam, sore 1 jam. atau cukup pagi dan sore saja.
  6. Seminggu sekali atau seminggu 2 kali berikan daun mengkudu / pace muda digantung ataupun diperas diair minum untuk mengembalikan suara sikenari.
  7. Multivitamin tetap diberikan 2 kali seminggu.
Apabila burung kenari sudah kembali ideal postur tubuhnya dan sudah mulai berbunyi kembali maka anda dapat segera mengendalikan pakan sikenari agar tidak menjadi gemuk dan berhenti berbunyi lagi.
semoga bermanfaat……!!!!!
Share this article :
 

Posting Komentar