Perawatan Cucak Hijau Saat Mabung Atau Molting Yang Benar

Perawatan Cucak Hijau Saat Mabung Atau Molting Yang Benar
Pernahkah cucak hijau anda mabung atau molting? Mabung atau molting adalah rontok, berganti bulu, atau meranggas, yaitu bergantinya bulu yang lama ke bulu yang baru yang terjadi secara periodik. Pada saat mabung anda harus lebih memperhatikan cucak hijau anda dan harus mencukupi segala kebutuhan nutrisinya. Karena ketika cucak ijo sedang mabung maka 25% protein dalam tubuhnya akan terserap. Ini berarti anda harus mengganti kebutuhan protein yang terserap tersebut dengan cara mencukupi segala kebutuhan nutrisi bagi CI anda. 

Pada dasarnya mabung atau molting adalah siklus alami yang pasti dialami oleh semua jenis burung yang telah dewasa. Yang harus anda lakukan adalah merawat dengan lebih intens pada saat mabung tersebut, yang meliputi pemberian pakan, pemberian multivitamin, dan juga kebersihan sangkarnya. Nah untuk mempermudah anda dalam merawat cucak hijau yang sedang mabung maka pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai perawatan cucak hijau saat mabung atau molting yang benar agar berhasil.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan saat merawat cucak hijau yang sedang mabung :

1. Cek kondisi cucak hijau
Hal yang pertama adalah mengecek kondisi cucak hijau anda terlebih dahulu. Yang pertama yang bisa anda cek adalah apakah cucak hijau anda terjangkit virus penyakit atau tidak, misalnya virus polyoma dan circovirus. Virus tersebut akan menghambat proses tumbuhnya bulu baru ketika CI sedang mabung. Anda bisa meminta tolong kepada dokter hewan di sekitar lingkungan anda. Yang kedua adalah membasmi atau menyingkirkan parasit pengganggu seperti cacing, kutu, dan mikroba.

2. Pemberian pakan
Yang utama saat merawata cucak hijau mabung adalah pemberian pakan. Pakan yang dimaksud di sini adalah pakan yang berkualitas. Berkualitas di sini artinya bukan hanya banyak, tetapi pakan yang mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan CI saat mabung. Pakan yang baik untuk cucak hijau yang sedang mabung adalah yang mengandung mineral dan protein. Untuk porsinya bisa ditambah dari hari biasa karena kebutuhan nutrisinya juga bertambah. 

3. Extra Fooding (EF) dan multivitamin
Selain makanan pokok, anda juga sebaiknya memberikan multivitamin dan extra food yang tepat. EF yang cocok untuk cucak hijau yang sedang mabung adalah jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, berikan 5 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Untuk cacing, berikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sedangkan kroto anda bisa memberikannya 1 sendok saja setiap pagi.  Multivitamin juga sangat penting dan bisa anda campurkan dalam air minum dua kali seminggu. Buah-buahan yang tepat untuk cucak hijau yang sedang mabung/molting adalah pepaya, karena pepaya banyak mengandung vitamin C yang dapat memperkuat ketahanan tubuh CI dan melancarkan proses metabolismenya. 

4. Pemandian dan penjemuran
Untuk cucak hijau yang sedang mabung, anda sebaiknya memandikannya cukup sekali saja dalam seminggu. Jangan terlalu sering memandikan CI yang mabung karena dapat menghambat pertumbuhan bulu baru. Untuk penjemurannya, durasi maksimal yang kami sarankan adalah 20 menit saja setiap hari.

5. Penempatan gantangan
Pada saat mabung cucak hijau sangat rawan stress dan sensitif. Untuk itu penempatan gantangan sebaiknya jauh dari hiruk pikuk/keramaian karena dapat mengganggu konsentrasi cucak hijau. Jauhkan dari lingkungan ramai dan gaduh, serta dari gangguan binatang pengganggu (tikus,kucing, anjing). Untuk pengerodongan, cucak hijau yang sedang mabung lebih baik banyak dikerodong kecuali pada saat dijemur dan dimandikan. 

6. Pemasteran/mastering
Saat cucak hijau sedang mabung, anda bisa melakukan mastering/pemasteran setiap hari agar hasilnya maksimal. Karena pada saat masa mabung, cucak hijau lebih banyak diam dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melakukan mastering suara. Mastering bisa anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung spesialis mastering yang sesuai dengan jenis suara cucak hijau anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Perawatan Cucak Hijau Saat Mabung Atau Molting Yang Benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
semoga sukses.!!!  

Share this article :
 

Posting Komentar