Manfaat Kecambah Untuk Burung Dan Cara Pembuatannya

Manfaat Kecambah Untuk Burung Dan Cara Pembuatannya

Kecambah atau toge memiliki kandungan gizi protein, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk burung, khusus nya burung pemakan biji-bijian dan sayuran seperti burung jenis paruh bengkok, LovebirdKenari,  Parkit,  Blackthroat,  Mozambik,  Falk dan lain-lain.

Selain itu toge juga dapat memberikan peningkatan pada daya tahan tubuh, metabolisme dan juga dapat meningkatkan birahi dari sang burung, sehingga burung pun menjadi sehat dan rajin berkicau.

Namun ini adalah sebagai Ef atau pakan tambahan dan hanya di berikan sewaktu-waktu saja, dalam artian tidak untuk sebagai pakan pokoknya, karena hal itu bisa membuat burung over birahi.

Untuk pakan burung pemakan biji-bijian seperti Millet, canary seed, niger seed, jewawut, biji matahari dan lain-lainnya itu semua adalah pakan yang baik, akan tetapi untuk kandungan gizi kurang lengkap jika tidak di berikan pakan tambahan seperti kecambah / toge.

Dan ternyata pakan biji-bijian itu bisa kita buat sendiri di rumah untuk di jadikan kecambah dan biji-bijian yang bisa kita buat kecambah antara lain Millet, kacang-kacangan atau biji gandum juga bisa. Kenapa kita buat sendiri, karena kecambah yang paling bagus untuk pakan adalah kecambah yang baru tumbuh (masih pendek) mempunyai vitamin dan asam amino yang tinggi di bandingkan dengan kecambah yang sudah tua seperti yang di jual di pasar (toge).

Baiklah, kali ini saya akan memberikan tips membuat kecambah khususnya untuk para sobat kicau Burung :
  • Persiapkan wadah yang terbuat dari kaca seperti toples, gelas, mangkuk dan lain-lain, jangan menggunakan bahan logam karena bisa terkontaminasi, dan kalo pake kaca kita bisa melihat hasilnya dari luar.
  • Memilih biji yang bagus, caranya dengan merendam biji yang di persiapkan, jika ada biji yang  mengambang berarti biji itu tidak bagus dan harus di buang.
  • Setelah itu cuci kembali biji-bijian hingga bersih.
  • Lalu masukkan biji-bijian ke dalam wadah dan masukkan air hingga penuh dan simpan selama 12 jam.
  • Kemudian buang air yang ada dalam wadah tersebut beserta kotoran di air yang mengambang, lalu isilah kembali wadah dengan air dan untuk kali ini airnya sedikit saja, asalkan semua biji terendam atau permukaan air lebih tinggi sedikit dari biji-bijian, hal ini untuk merangsang tumbuhnya tunas kecambah.
  • Setelah itu diamkan selama 1, 2 atau 3 hari relatif, karena proses pertumbuhan tiap biji-bijian mempunyai waktu yang berbeda, intinya hingga tunas kecambah muncul.
  • Dan ingat kecambah yang masih muda (pendek) memiliki kandungan vitamin dan asam amino yang sangat tinggi, jadi lebih kecambah diangkat sebelum jadi panjang atau melebihi 2 hari.
  • Tiriskan atau saring dulu sebelum di berikan pada burung kesayangan anda, agar tidak terlalu banyak kandungan air yang bisa membuat burung anda kembung.
  • Berikan pada burung secukupnya saja dan sisanya bisa di simpan di kulkas.

Semoga bermanfaat!!!!!
Share this article :
 

Posting Komentar