Mendongkrak Performa Penampilan Cucak Ijo

Mendongkrak Performa Penampilan Cucak Ijo
Cucak ijo sampai saat ini menjadi salah satu jenis burung yang menjadi primadona didunia kicaumania. Ada berbagai alas an mengapa sestiap penghobi mempunyai trik atau cara bagaimana memaksimalkan cucak ijo berdasarkan informasi berbagai sumber yang berhasil memaksimalkan kinerja saat dilombakan, tertanya banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendongkrak performa  cucak ijo agar burung yang satu ini dapat tampil maksimal di lapangan, berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan :
·         Penjemuran :
Hal ini biasanya dilakukan kicaumania dengan cara melakukan penjemuran secara kontestan, biasanya burung dibuka dari krodongnya pada waktu pagi hari kira-kira pukul 7 Pagi, dan burung di jemur teriknya matahari pagi selama 2 jam, hal ini harus dilakukan secara rutin setiap hari, namun apabila cuaca mendung sebaiknya burung tidak dikeluarkan.
·         Dengan pemberian jangkrik :
Cara salah satu ini juga biasanya sering dilakukan kicaumania dengan memberika porsi lebih terhadap makanan tambahannya yaitu jangkrik dengan jumlah banyak antara 10 – 20 ekor jangkrik/hari, guna meningkatkan stamina dan menaikkan birahi burung agar dapat tempur maksimal ketika dilombakan.
·         Pemberian madu :
Madu merupakan suplemen alami yang baik diberikan pada cucak ijo, biasanya madu dapat dioleskan kemakanan harian burung seperti pisang ataupun apel, selain itu madu juga dapat  dicampurkan dalam minumannya burung hal ini dilakukan guna stamina burung terus terjaga dengan baik.
·         Pemberian ulat bumbung :
Ulat bumbung terkenal memiliki kandungan protein yang tinggi, hal ini  baik diberikan kepada cucak ijo, selain dapat menambahkan stamina, protein ini juga baik untuk pertumbuhan bulu, biasanya cucak ijo diberikan ulat bumbung secara rutin tiap 3 Kali/minggu dampaknya memiliki warna yang cerah.
·         Pengumbaran maksimal :
Cara yang satu ini juga sering dilakukan kicaumania, fungsinya untuk mendongkrak  stamina cucak ijo agar tampil maksimal, biasanya umbaran yang digunakan minimal berukuran 2 meter dan dalam proses pengumbaran diusahakan sambil di jemur di pagi hari batas penjumuran sampai jam 10 pagi.
·         Pemberian buah segar :
Cucak ijo merupakan salah satu burung yang gemar mengkonsumsi buah-buahan segar, jadi pemberian buah segar yang rutin dan bergantian sangat baik bagi pencernaan burung yang satu ini, hal ini juga dapat memancing sang burung untuk rajin berkicau, namun buah yang diberikan harus benar-benar segar, hal ini berguna untuk menghindari gangguan pencernaan.
·         Penjemuran krodong :
Penjemuran dengan cara di krodong ini memang tidak lazim, namun ada beberapa kicaumania tanah air yang melakukan  hal ini, biasanya cara seperti ini dilakukan pada burung-burung yang memiliki pawakan besar, ini guna untuk memaksimalkan panas matahari yang didapat, sehinga burung memiliki postur tubuh yang ideal dan tidak kegemukan, selain itu  stamina burung akan jauh lebih meningkat.
Cara-cara yang disebutkan diatas serig dijadikan rujukan kicaumania guna mendapatkan performa penampilan yang mumpuni bagi cucak ijo sebelum di pertandingkan dilapangan, namun tidak menutup kemungkinan ada banyak cara lain yang juga sering dilakukan kicaumania guna mendongkrak performa burung yang satu ini, jadi sekarang tergantung cara mana yang ingin dilakukan…!!! Selamat Mencoba.
Share this article :
 

Posting Komentar