Khasiat Daun Sirih Untuk Burung Kicauan

Khasiat Daun Sirih Untuk Burung Kicauan

Daun sirih mempunyai banyak khasiat. Daun Sirih biasanya digunakan untuk mengatasi bau badan dan mulut, sariawan, mimisan, gatal-gatal dan koreng, serta mengobati keputihan pada wanita. Ini karena sirih mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh kuman. Kandungan fenol dalam sifat antiseptiknya lima kali lebih efektif dibandingkan dengan fenol biasa. Dalam farmakologi Cina, sirih dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas.
Sedangkan manfaat daun sirih untuk burung antara lain adalah :

  •          Membunuh kutu sekaligus mencegah timbulnya kutu.
  •          Menyembuhkan & mencegah peradangan tenggorokan.
  •          Mengkilapkan & memperindah warna bulu.
  •          Sebagai disenfektan alami mencegah timbulnya bakteri & virus pada sangkar.(caranya semprotkan pada sangkar, tempat pakan & minum, minimal seminggu sekali)
  •          Dan masih banyak lagi manfaat lainya

Cara pemakaian
:
Ambil 5 lembar daun sirih, tuangkan 3 gelas (200ml x 3) lalu rebus sampai mendidih, setelah itu dinginkan dan tiris/saring. Untuk takaran 50ml campurkan dengan air bersih 1 liter (pemakaian normal / perawatan rutin). Bisa dengan cara disemprot / bak mandi (jika mandi keramba) dan cocok untuk segala jenis burung & hewan piaraan lainya. Sisanya bisa disimpan di tempat yg sejuk untuk pemakaian selanjutnya.
*EKONOMIS & EFISIEN*

Semoga bermanfaat
!!!!!
Share this article :
 

Posting Komentar